a. Judul Buku : Born To Be a Genius
b. Pengarang : Adi W. Gunawan
c. Dicetak oleh : PT SUN, PT Gramedia Pustaka Utama
d. Dicetak Di : Jakarta, Indonesia
e. Tahun : 2003
f. Jumlah Halaman : 285 Halaman
B. Struktur dan Isi Bab
1. Konsep Diri : Kunci Pembuka Harta Karun Potensi
2. Otak Manusia : Mengenal Lebih Dekat Neck-Top Computer Anda
3. Mengenal dan Memahami Kepribadian
4. Mengenal dan Memahani Gaya Belajar
5. Multiple Intelligence
6. Seberapa Cerdaskah Anda?
7. Collaborative Learning
8. Menggunakan Musik dalam Membantu Proses Pembelajaran
9. Peta Pikiran
10. Semakin Banyak Memuat Kesalahan = Semakin Baik
11. Teknik dan Strategi untuk Menigkatkan Nilai Murid
12. Pengharapan dan Prestasi
13. Sekolah : Mengajar atau Mendidik?
14. Mau ke Mana Setelah Lulus Sekolah?
C. Sinopsis
Buku ini menguraikan penjelasan bahwa kita semua itu cerdas dengan kecerdasan unik yang beraneka ragam. Di awal buku ini, kita akan diajak memahami konsep diri kita sekaligus kekuatan otak kita. Dengan memahami kekayaan otak kita, kita akan dituntun untuk mampu mendayagunakan otak kita, salah satunya dengan mengefektifkan proses belajar kita.
Selanjutnya diuraikan dalam buku bagaimana kita memahami kepribadian kita sendiri. Jenis-jenis kepribadian dengan cukup jelas dipaparkan berikut dengan kekurangan dan kelebihannya. Meskipun sayangnya tidak ada kuis khusus untuk mengetahui jenis kepribadian kita.
Setelah memahami kepribadian dan kekayaan otak kita, kita akan diajak untuk mengenal berbagai gaya belajar. Kita akan mengetahui gaya belajar seperti apa yang efektif dan menyenangkan yang sesuai dengan diri kita. Di samping itu dijelaskan pula beberapa jenis kecerdasan, apa itu kecerdasan, lengkap dengan penjelasan mengenai uji kecerdasan.
Buku ini memberikan penjelasan segar mengenai kecedasan. Kita diajak untuk memahani bahwa cerdas bukan hanya nilai rapor yang tinggi, atau IQ yang tinggi. Namun, setiap orang memiliki jenis kecerdasan yang berbeda yang harus dioptimalkan.
Buku ini lebih diperuntukan untuk para pendidik. Karena solusi di dalamnya mencakup teknik dan strategi untuk mengingkatkan prestasi murid, juga menjelaskan mengenai dunia sekolah sekaligus asumsi yang salah tentang sekolah.
Lebih dari itu, dijelaskan juga dalam buku ini oleh Adi Gunawan apa yang baik dilakukan jika lulus sekolah. Ini membuktikan bahwa buku ini cukup bagus untuk dijadikan pegangan bagi pendidik untuk mampu mengoptimalkan peserta didiknya terutama di bidang akademis.